Thursday, April 12, 2018

Ikuti Langkah Antisipasi Jatuhnya Investasi Properti Berikut Ini


Ikuti Langkah Antisipasi Jatuhnya Investasi Properti Berikut Ini

Ikuti Langkah Antisipasi Jatuhnya Investasi Properti Berikut Ini
Ikuti Langkah Antisipasi Jatuhnya Investasi Properti Berikut Ini
Saat ini banyak orang yang memilih untuk menginvestasikan uangnya agar berkembang. Jenisnya pun beragam. Mulai dari saham, obligasi, emas, reksadana, hingga properti. Semua jenis investasi ini memiliki keuntungan dan risikonya masing-masing, terutama properti.

Properti merupakan salah satu investasi aman dan menguntungkan. Walaupun bukan termasuk investasi dengan modal kecil, namun properti banyak dilirik karena harga jualnya bisa berkali lipat dan jarang sekali turun.

Namun ada kalanya investasi di bidang properti ini jadi tidak menguntungkan. Ada beragam faktornya. Mulai dari turunnya daya beli masyarakat, ketatnya regulasi, strategi pemasaran yang kurang tepat, hingga properti yang dimiliki berada di lokasi yang kurang strategis/rawan bencana.

Maka sebaiknya pahami dahulu risikonya beserta langkah-langkah untuk mengantisipasi jatuhnya nilai investasi seperti berikut.

Lakukanlah evaluasi properti
Langkah pertama, kaji kembali apakah properti tempat Anda menanamkan uang masih bisa diamankan melalui beberapa cara. Seperti merombak manajemen finansial maupun konsep properti. Berilah kesempatan pada pengembang untuk melakukan hal yang dibutuhkan. Namun jika dilihat hasil evaluasinya tidak menunjukkan tanda yang positif, pindahah ke investasi lain,

Putuskan untuk menjual properti sebelum harganya turun
Memang investasi properti dikatakan jarang sekali turun. Tetapi bukan tidak mungkin terjadi jika lokasinya tidak strategis dan turunnya daya beli masyarakat. Untuk itu supaya segera laku terjual, berikan diskon pada pihak yang berminat membeli properti Anda. Karena semakin lama menunda, semakin besar kerugiannya.

Cari lokasi lain yang lebih menguntungkan
Jika masih ada sisa dana, sebaiknya cari lokasi lain untuk berinvestasi yang lebih menguntungkan dan menjanjikan. Jadi keuntungan dari investasi yang baru ini bisa menutup kerugian yang timbul dari investasi yang sebelumnya.

Lakukan diversifikasi investasi
Jangan hanya terpaku pada satu investasi saja. Kembangkanlah dana Anda kepada investasi lain, misalnya saham, deposito, obligasi, emas, atau reksadana. Jadi jika investasi yang lain jatuh, Anda masih ada keuntungan di investasi lain. Beranilah mengambil risiko dan kelola investasi Anda sebaik-baiknya untuk meraih keuntungan yang maksimal.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.